Tumbuh-tumbuhan

Genus ini memiliki lebih dari 100 spesies dengan ukuran (mulai dari beberapa mm hingga 1 meter) dan bentuk daun yang beragam (mulai dari memanjang sampai membulat). Pada daun terdapat kelenjar berbentuk bulat dengan tangkai panjang yang disebut tentakel. Jika ada serangga yang tertangkap tentakel di sekitar mangsa akan bergerak mendekat. Beberapa spesies bahkan menggulung atau menekuk daunnya untuk memperbesar area kontak dengan mangsa. Drosera mampu menghasilkan enzim pencerna.

Silver Fan Grass adalah tumbuhan akuatik di bahagian cetek pada kedalaman antara 0.0-0.3m.
Tanaman cauliflower adalah berasal dari kawasan Meditrenean sebelum di sebarkan ke Eropah, Amerika dan seluruh Asia. Pengeluaran cauliflower dunia lingkungan 8.5 juta tan setahun dengan China sebagai pengeluar utama (120,000 ha) diikuti dengan India (90,000 ha), Perancis (45,000 ha), USA, Mexico dan juga Itali. Di kawasan Asia Tenggara saya dapati Thailand merupakan pengeluar utama (4,000 ha /tahun), Indonesia (2,500 ha/ tahun) dan Vietnam (1,500 ha/ tahun). Malaysia menanam sekitar 350-500 hektar setahun terutama di kawasan tanah tinggi Cameroon Highland dan Kundasang. Penanaman Brokoli pula tiada data lengkap kerana kebanyakannya dilaporkan bersama data cauliflower. Pengeluar brololi terbesar adalah USA (26,000 ha/tahun) diikuti dengan Taiwan, UK, Italy dan Spain.
Pokok Lidah Buaya (bahasa Inggeris: Aloe vera) ialah salah satu spesies tumbuhan dalam famili Xanthorrhoeaceae yang berasal dari Afrika Utara. Pokok ini tergolong dalam tumbuhan berbunga, pokok saka, dan tumbuhan herba, dan adalah dalam famili yang sama dengan bawang merah dan bawang putih.Pokok ini dikatakan boleh mengubati pelbagai penyakit, termasuk kencing manis, sakit jantung dan sembelit.
Sebuah bunga anggrek yang sangat aneh karena memiliki aroma seperti daging mentah dan sangat disukai oleh lebah jantan.
Kadang-kadang disebut Stinky Lyly atau Dragonwort. Vulgaris Dracunculus mendapatkan namanya dari bentuknya. Tanaman memiliki spadex dengan warna ungu hitam atau dikelilingi oleh spathe. Spadex ini sering disebut sebagai naga yang bersembunyi di spathe. Tanaman ini paling sering ditemukan di kawasan Balkan, termasuk Crete, Yunani, dan Kepulauan Aegean. Peneliti mampu mengambilnya dari lokasi tersebut dan bisa dikembangbiakan di beberapa kawasan di Amerika Serikat, seperti Tennessee, Oregon, dan California. Bahkan sudah dibudidayakan di Puerto Rico. Namun nama dari tanaman ini dipergunakan karena bau yang dikeluarkannya seperti bau bangkai. Hanya saja bau tersebut tidak permanen dan bisa hilang setiap saat. Dalam satu tahun tanaman ini bisa 40 kali mekar.
Bunga terbesar didunia. Meskipun bentuknya cantik, tapi jangan terkecoh, bunga ini bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bunga ini dapat tumbuh hingga 3 meter, tak berdaun, tak berbatang, dan memiliki sebuah lubang besar di tengah-tengah mahkota bunga yang bisa mengandung 6-7 liter air.
Banyak gambaran kartun dan komik menggambarkan keganasan tanaman yang menyerupai tanaman ini. Tanaman yang endemik di daerah Carolina Utara dan Selatan ini memiliki daun yang termodifikasi menjadi penjebak serupa jepit dengan beberapa rambut sensor gerak di dalamnya. Serangga yang terjebak akan dijepit dengan erat dan mulai dicerna dengan enzim yang dikeluarkannya.
RUPA bunganya yang pelik dengan jambang terurai dan warna hitam gelap menyebabkan bunga kelawar sering dilabelkan sebagai bunga mistik dan membawa unsur jahat. Masyarakat dulu mengelak menanam pokok ini kerana dikatakan boleh merasuk anak dara dan kanak-kanak.Bunga kelawar: Mendapat namanya kerana ia menyerupai mamalia terbang, kini menjadi rebutan pengumpul bunga eksotik.
Satu lagi bunga parasit yang besar, mempunyai bentuk yang menarik namun berbau sangat busuk. Bunga ini banyak tumbuh di gurun kering Afrika Selatan.
Jangan terkecoh dengan namanya, tanaman ini mengandung racun yang bisa sangat fatal untuk manusia dan haiwan.Terkenal sebagai halusinogen yang sangat kuat kerana mengandung zat tropane alkaloids.
Amorphophallus Titanum adalah tanaman yang hanya adat di hutan hujan Sumatera, meskipun telah ditransplantasikan, dan tumbuh di seluruh dunia. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 10 meter dan mirip bunga Lyly Calla tetapi dengan spadex tumbuh di tengah-tengah. Bau yang ditinggalkannya seperti Rafflesia Arnoldi dengan bau bangkai menyengat. Tapi bau itu untuk mengundang kumbang dan lalat sebagai makanannya.
Tanaman berkantung ini berasal dari Amerika Utara. Sarracenia memiliki rimpang dengan akar serabut, daun berbentuk corong yang selanjutnya disebut kantung. Pada bagian atas daun terdapat bentuk tambahan semacam penutup. Kantung biasanya membentuk roset sekitar titik tumbuh pada rimpang. Bagian dalam kantung dibagi menjadi 4 zona berdasarkan fungsi dan struktur permukaannya. Zona pertama pada bagian permukaan penutup yang mengandung kelenjar nektar dan rambut yang mengarah ke bawah disebut zona penarik. Zona kedua, tepat di bawah zona pertama, mengandung banyak kelenjar nektar dan permukaannya halus. Zona ketiga mengandung banyak kelenjar pencerna dan permukaannya licin berlilin. Zona keempat merupakan area pencerna dan penyerap, mengandung banyak rambut yang mengarah ke bawah. Fungsi rambut yang mengarah ke bawah adalah untuk mencegah mangsa lolos dari cairan maut.

Si bunga terkecil di dunia. Bandingkan besar tanaman tersebut dengan jari tangan manusia.
Tanaman ini terdiri dari hanya dua daun dan batang dengan akar. Dua daun terus tumbuh sampai mereka menyerupai bentuk kehidupan asing. Batangnya tumbuh lebih menebal daripada meninggi, walaupun tanaman ini dapat tumbuh menjadi hampir enam kaki tinggi dan dua puluh empat kaki diameter pohonnya. Dan yang paling menakjubkan, usia hidup tanaman ini diperkirakan mencapai 400-1.500 tahun!


No comments:

Post a Comment